Ini Beberapa Jenis Ikan yang Cocok Dijadikan Sushi

Ilustrasi Sushi (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:45 WIB

Sariagri - Siapa nih yang suka dengan sushi? salah satu makanan khas Jepang ini memang sudah lama digemari oleh masyarakat Indonesia. Sushi merupakan makanan yang dibuat dari olahan ikan.

Akan tetapi, tidak semua jenis ikan bisa kamu jadikan bahan utama untuk sushi. Pasalnya, untuk mendapatkan cita rasa yang autentik perlu ikan-ikan khusus untuk membuat sajian satu ini.

Nah, bagi kamu yang tertarik membuat sushi dirumah, berikut 5 jenis ikan yang cocok untuk dijadikan sushi karena punya cita rasa yang pas.

1. Salmon

Salmon adalah jenis ikan yang paling sering dijadikan isian untuk sushi. Sayangnya, jenis ikan ini harganya cenderung lebih mahal. Meski mahal, salmon memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih baik dari jenis ikan lainnya.

Ikan salmon memiliki omega 3 yang tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Ikan satu ini juga punya tekstur yang lembut. Keunggulan ikan salmon ada pada rasa gurih cenderung manis yang dimiliki daging ikannya.

2. Halibut

Dalam bahasa Jepang, ikan halibut seringkali disebut dengan ikan himare. ciri fisik ikan halibut cukup unik, di mana bagian matanya seolah-olah menghadap ke atas.

Ikan halibut punya tekstur yang lembut serta rasa yang gurih. Untuk membuatnya menjadi sushi, kamu bisa mendinginkan terlebih dulu, atau dimasak dengan teknik kobujime.

3. Tuna

Sama halnya dengan salmon, tuna juga jenis ikan yang sering digunakan untuk sushi. Tuna mempunyai tekstur yang halus dan lembut, sehingga memudahkan kita untuk menyantapnya dalam keadaan yang masih segar.

Ikan tuna juga kaya akan vitamin dan mineral, sehingga tidak heran jika jadi primadona untuk sajian khas Jepang ini. Dari sekian banyak jenis tuna, yang paling sering digunakan untuk sushi adalah tuna sirip biru, tuna mata besar, tuna albacore, dan tuna sirip kuning.

4. Yellowtail

Di Indonesia, jenis ikan ini dikenal dengan nama ikan kuwe batu. Yellowtail cocok dijadikan sushi karena punya cita rasa yang manis dan lezat. Meski ikan ini cenderung kurang lembut. Namun masih tidak terlalu alot atau keras juga.

5. Makarel

Makarel merupakan nama yang diberikan untuk beberapa spesies ikan pelagis. Ciri khas ikan makarel adalah garis-garis vertikal yang terdapat di punggungnya.

Baca Juga: Ini Beberapa Jenis Ikan yang Cocok Dijadikan Sushi
Banyak Diburu hingga Langka, 5 Makanan Ini Mengandung Vitamin D Tinggi

Dibandingkan jenis ikan lainnya, harga dari ikan makarel lebih murah. Namun, soal rasa jangan diremehkan, rasa ikan makarel tidak kalah lezat dibandingkan ikan untuk sushi lainnya.

Makarel punya tekstur lebih kenyal dan rasa yang manis, sehingga cocok untuk dijadikan sushi. Meski harganya murah, namun kandungan omega-3 dalam ikan makarel cukup tinggi.

Video Terkait