5 Pakan Ikan Channa yang Bikin Warnanya Cepat Keluar

Ilustrasi ikan Channa barca. (Foto:Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Mendengar nama ikan channa tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta ikan hias predator. Ikan ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Channa sendiri merupakan jenis ikan yang diambil dari nama ilmiahnya yaitu channidae. Ia merupakan nama famili untuk ikan gabus. Selain tampilannya yang sangat menarik, memelihara ikan channa tidaklah sulit.

Jenis pakan ikan channa

Namun perlu diingat, agar warna ikan ini cepat keluar, kamu perlu memberikan makanan yang tepat, seperti:

1. Udang

Ikan channa memerlukan protein yang cukup banyak. Oleh karena itu kamu bisa memberikannya pakan udang, yang dipercaya dapat mempercepat keluarnya warna dari ikan ini. Akan tetapi, ukuran channa yang diberikan udang biasanya channa yang sudah dewasa atau ukurannya besar.

2. Cacing tanah

Cacing tanah sudah bisa dikasih untuk ikan channa sejak masih kecil. Selain mengandung protein, jenis pakan ini juga baik untuk proses penyembuhan jika tubuh atau sirip channa mengalami luka. Biasanya channa dapat terluka saat menabrak dinding akuarium atau terluka saat bertarung dengan ikan lainnya.

3. Jangkrik

Jenis pakan lainnya adalah serangga darat. Pakan ini menjadi salah satu makanan yang paling digemari ikan Channa. Kamu juga bisa dengan mudah mendapatkannya, sebab jangkrik banyak dijual di pedagang pakan burung.

4. Kecoa Dobia atau Kecoa Kayu Argentina

Selanjutnya adalah kecoa, sebab hewan yang satu ini memiliki kadar protein yang sangat tinggi dibanding jangkrik dan cacing. Jika ikan channa diberi asupan makanan yang baik, maka akan mendukung proses pertumbuhan yang baik pula.

Salah satu yang berpengaruh adalah warna dan motif dari ikan channa yang membuatnya akan cepat muncul.

5. Pelet khusus Channa atau Channa food

Selain pakan alami, kamu juga bisa memberikannya pakan buatan, berupa pelet khusus channa. Pelet ini diklaim dapat memaksimalkan pertumbuhan pigmen yang dimiliki ikan hias ini. Namun pastikan kamu memberikannya sesuai dengan pigmen ikan yang dimiliki. Seperti misalnya, channa yang dominan biru pilihlah pelet khusus yang berwarna biru pula.

Baca Juga: 5 Pakan Ikan Channa yang Bikin Warnanya Cepat Keluar
Fakta Ikan Channa Barca, yang Jadi Ikan Gabus Hias Termahal di Dunia

Begitu pula jika warna Channa merah, maka gunakan pelet khusus pigmen merah. Pemilihan warna pelet ini akan berpengaruh guna mempercepat dan merangsang untuk keluar dan mengkilap.

Perlu diingat jika ingin memberi pakan pelet, kamu harus puasa terlebih dahulu, sekitar 2-3 hari tidak dikasih makan. Lalu baru berikan pelet secara bertahap.

Video Terkait