4 Spesies Ikan Air Tawar Langka yang Indah Nan Menawan

Ilustrasi Dwarf Puffer Fish (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:45 WIB

Sariagri - Memelihara ikan hias di akuarium, bukan lagi menjadi hobi bagi sebagian orang, melainkan sudah berubah menjadi gaya hidup banyak orang. Tak ayal mengapa begitu banyak pecinta ikan hias yang berburu beragam jenis ikan untuk dipelihara. Namun tahukah kamu, dari sekian banyak spesies ikan, ternyata ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang populasinya nyaris punah.

Tentu saja faktor utamanya karena terlalu sering diburu orang untuk dijadikan koleksi. Lantas apa saja spesies ikan tersebut? Berikut ulasannya.

4 Spesies Ikan Air Tawar yang Tergolong Langka

1. Dwarf Puffer Fish

Ikan ini adalah asli dari daerah Kerala dan Karnataka Selatan, India. Selain langka, ikan ini bisa dibilang cukup unik. Ia memiliki warna yang eksotis dan corak pada tubuh yang berbeda-beda. Perubahan ini bergantung dengan suasana hati mereka saat itu.

2. Zebra Pleco

Habitat ikan ini adalah sungai Rio Xingu, Brasil. Ciri khas ikan ini adalah memiliki tubuh yang kerdil. Diketahui ukuran dari spesies ikan ini hanya memiliki panjang maksimum 7 cm ini. Bentuk dan coraknya juga sangat unik, hal inilah yang membuat ikan ini banyak diburu, sehingga populasinya semakin langka.

Baca Juga: 4 Spesies Ikan Air Tawar Langka yang Indah Nan Menawan
7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Cantik dan Unik yang Paling Direkomendasikan

3. Discus

Ikan ini dikenal dengan sebutan "raja akuarium". Ia banyak diburu karena memiliki bentuk tubuh besar dan corak warna cerah. Habitat ikan ini hidup di perairan tenang atau pohon tumbang sepanjang pantai. Tempat asalnya adalah lembah sungai Amazon dan beberapa anak sungai kawasan Rio Negro.

4. Angel Fish

Ikan ini adalah jenis ikan hias yang juga tak kalah populer. Namun sayangnya, spesies Angel Fish juga tidak cocok dibudidaya untuk kalangan pemula. Pasalnya ikan ini membutuhkan akuarium yang berukuran besar dengan kapasitas 55 air galon dengan suhu hangat sekitar 27 celcius.

 

Video Terkait