Ubah Image, Ikan Invasif di AS Berubah Nama Jadi Copi

Ilustrasi ikan mas. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Pihak berwenang di Illinois, Amerika Serikat (AS), akan mengubah citra ikan mas invasif dengan harapan mendorong orang untuk mengonsumsi ikan tersebut. Hal itu bertujuan untuk memecahkan masalah lama yang mengancam ekosistem perairan negara bagian AS.

"Kami meluncurkan nama baru, 'copi' untuk membantu orang mengonsumsi ikan lezat ini dan membantu kami melakukan pekerjaan kami dalam menjaga mereka berada di luar saluran air," kata Kevin Irons, asisten kepala perikanan untuk Departemen Sumber Daya Alam Illinois (DNR).

Irons dan DNR ingin semua orang mulai menyebut ikan invasif yang jumlahnya berlimpah ini yang sebelumnya dikenal sebagai ikan mas Asia menjadi 'copi.'

"Nama berarti sesuatu," kata Irons.

"Di tahun 70-an, ada ikan yang disebut 'slimehead' kurang dimanfaatkan, tetapi ketika Anda pergi ke restoran dan memesan ruffi orange, semua orang seperti, 'oh, ini luar biasa'. Jadi, nama berarti sesuatu dan itu ikan yang sama," kata Irons.

Negara bagian Illinois bahkan meluncurkan situs web baru, choosecopi.com, yang menyediakan fakta, informasi nutrisi, dan resep ikan.

"Apa pun yang Anda lakukan dengan daging giling, Anda dapat melakukannya dengan copi," kata Dirk Fucik, pemilik Dirk's Fish and Gourmet Shop di Chicago.

Baca Juga: Ubah Image, Ikan Invasif di AS Berubah Nama Jadi Copi
Perusahaan Ini Ubah Lionfish yang Invasif Jadi Produk Fashion

Fucik mengatakan dia menjual ikan di tokonya sejak 2010. "Jadi, burger paling populer di sini, tapi kami juga membuat sosis, taco, semua hal semacam itu. Semua yang kami buat disukai orang," tambahnya.

Sejak 2004, lebih dari 600 juta dolar AS dana negara bagian dan federal dimasukkan untuk memperbaiki masalah ikan mas invasif ini. Irons mengatakan pemerintah Illinois juga bermaksud untuk meminta Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS untuk secara resmi mengubah nama dan berencana untuk mendaftarkan "copi" sebagai merek dagang. 

Video Terkait