Hati-hati! Ini Ciri-ciri Ikan Berformalin

Ilustrasi jual-beli ikan. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Sabtu, 13 Agustus 2022 | 02:00 WIB

Sariagri - Apakah kamu gemar mengonsumsi ikan? Ketika kamu membeli ikan, hendaknya mengetahui apakah ikan tersebut berformalin atau tidak. Penggunaan formalin bertujuan agar ikan tetap segar hingga waktu yang lama.

Formalin sendiri merupakan senyawa kimia yang tidak berwarna, berbau tajam, dan mengandung zat formaldehid. Zat tersebut digunakan sebagai disinfektan (pembersih bakteri dan kuman) agar tidak mengakibatkan pembusukan.

Zat-zat tersebut menunjukkan bahwa penggunaan formalin pada makanan tidak diperbolehkan. Apabila jika masuk ke dalam tubuhm zat formalin memberikan dampak berbahaya pada tubuh. 

Beberapa penyakit yang timbul karena mengonsumsi formalin di antaranya saluran pencernaan, ginjal, hati dan paru-paru, bahkan dapat menyebabkan kanker. Agar kamu tidak membeli ikan yang berformalin, berikut ini ciri-ciri ikan berformalin.

1. Memiliki Tekstur Keras

Kamu bisa menekan bagian tubuh ikan, jika ditekan keluar aroma bau asam sudah pasti ikan tersebut mengandung formalin. Selain itu, ketika dipegang ikan terasa kaku.

Ciri itu berbanding terbalik dengan ikan yang masih segar. Ikan segar memiliki warna cerah dan tidak kaku. Jika ditekan, ikan akan mengeluarkan bau khas yang bergantung pada jenisnya.

2. Sayatan pada Daging Ikan

Ciri ikan berformalin bisa dilihat dari bekas sayatan pada daging ikan yang berwarna pucat dan kusam. Sementara itu, bekas sayatan pada ikan segar berwarna cerah, sedikit kemerahan di bagian tulang belakang dan memiliki isi perut yang masih utuh.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Ciri-ciri Ikan Berformalin
Ribuan Ikan Mati Misterius di Pantai Staten Island AS, Sebabkan Bau Busuk

3. Insang Ikan

Ciri ikan berformalin selanjutnya adalah terlihat dari insangnya yang pucat, kusam, dan berwarna agak keputihan. Ikan segar memiliki insang berwarna merah cerah dan segar.

4. Kondisi Mata Ikan

Kamu bisa melihat dari bola mata dan pupil yang tenggelam, keruh, dan tampak berlendir berwarna kuning tebal. Sedangkan mata ikan yang masih segar terlihat lebih menonjol, pupil mata berwarna hitam cerah mengkilap, dan bagian selaput mata ikan masih jernih.

Video Terkait