Perbedaan Kura-Kura dan Penyu yang Jarang Disadari Banyak Orang

Ilustrasi perbedaan kura-kura dan penyu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:15 WIB

Sariagri - Kura-kura dan penyu adalah dua hewan yang memiliki kemiripan. Hal inilah yang membuat banyak orang sering salah ketika menyebutkan dua hewan tersebut.

Melansir sejumlah sumber, meskipun terlihat sangat mirip sebenarnya keduanya merupakan jenis hewan yang berbeda. Kemiripan kedua hewan ini karena sama-sama merupakan bagian dari famili Testudines atau hewan bercangkang yang tumbuh di tulang rusuknya.

Intip perbedaan kura-kura dan penyu yang perlu diketahui

1. Habitat

Perbedaan mendasar antara kura-kura dan penyu dapat dilihat dari habitat mereka. Kura-kura lebih fleksibel dalam tempat hidup mereka seperti hutan tropis, air tawar bahkan gurun. Sedangkan penyu merupakan hewan yang hidupnya di laut. Meski begitu, kura-kura dan penyu sama-sama akan bertelur di daratan.

2. Cangkang

Perbedaan kura-kura dan penyu selanjutnya dapat dilihat dari cangkangnya. Kura-kura memiliki cangkang kubah tetapi tergantung pada jenisnya, sedangkan penyu memiliki tempurung yang lebih pipih supaya memudahkan bergerak di air.

Baca Juga: Perbedaan Kura-Kura dan Penyu yang Jarang Disadari Banyak Orang
Demi Hindari Kecelakaan, Ratusan Kura-Kura di Bandara ini Ditangkap

3. Bentuk kaki

Kedua kaki hewan ini juga menjadi perbedaan antara keduanya. Kura-kura memiliki kaki depan dengan telapak kaki datang dengan falang atau tulang jari tajam. Fungsinya memudahkan berjalan di darat. Kaki belakangnya tidak berselaput. Sedangkan penyu, kakinya berselaput dan berbentuk seperti sirip supaya memudahkan berenang di laut.

4. Jenis makanan

Perbedaan kura-kura dan penyu selanjutnya terdapat pada jenis makanan mereka. Secara umum, kura-kura gemar memakan buah-buahan, sayuran dan serangga, ikan, krustasea dan terkadang mamalia. Sementara itu, penyu memakan ubur-ubur, ikan, rumput laut, spons laut dan alga.

Video Terkait