Panas Tinggi Sebabkan Kelahiran Penyu Betina Lebih Banyak

Ilustrasi penyu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Selasa, 30 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Penyu Florida bergulat dengan ketidakseimbangan gender yang diperburuk oleh perubahan iklim. Gelombang panas belakangan ini menyebabkan pasir di beberapa pantai menjadi sangat panas sehingga setiap penyu yang lahir adalah betina.

"Hal yang menakutkan adalah empat musim panas terakhir di Florida telah menjadi musim panas terpanas dalam catatan," kata Bette Zirkelbach, manajer Rumah Sakit Penyu di Marathon, sebuah kota di Florida Keys, seperti dikutip dari laman Reuters.

"Para ilmuwan yang mempelajari tukik dan telur penyu tidak menemukan penyu jantan, jadi hanya penyu betina selama empat tahun terakhir," kata Zirkelbach, yang pusat penyunya telah beroperasi sejak 1986.

Apa hubungannya panas pasir pantai dengan jenis kelamin telur penyu? Saat penyu betina menggali sarang di pantai, suhu pasir menentukan jenis kelamin tukik.

Alih-alih menentukan jenis kelamin selama pembuahan, jenis kelamin penyu dan buaya tergantung pada suhu telur yang sedang berkembang, menurut National Oceanographic Atmospheric Administration (NOAA).

Zirkelbach mengatakan sebuah penelitian di Australia menunjukkan statistik serupa yaitu 99% bayi penyu baru adalah perempuan.

National Ocean Service NOAA menjelaskan jika telur penyu dierami di bawah 81,86 Fahrenheit (27,7 Celcius), tukik penyu akan jantan. Sedangkan jika mereka mengerami di atas 88,8 F (31C), mereka akan menjadi betina.

"Selama bertahun-tahun, Anda akan melihat penurunan tajam dalam populasi mereka karena kita tidak memiliki keragaman genetik," kata Melissa Rosales Rodriguez, seorang pemelihara penyu di rumah sakit penyu yang baru dibuka di Kebun Binatang Miami.

Baca Juga: Panas Tinggi Sebabkan Kelahiran Penyu Betina Lebih Banyak
Hanya Belajar dari Medsos, Mantan Montir Ternak Lele Beromzet Puluhan Juta

"Kami tidak memiliki rasio jantan-betina yang dibutuhkan untuk dapat memiliki sesi pemuliaan yang sukses," tuturnya.

Kedua rumah sakit kura-kura juga berjuang melawan tumor pada kura-kura yang dikenal sebagai fibropapilomatosis, juga dikenal sebagai FP. Tumor ini menular ke kura-kura lain dan dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati.

Dengan iklim yang mempengaruhi masa depan kura-kura dan penyakit yang begitu meluas, Zirkelbach melihat perlunya menyelamatkan setiap kura-kura yang dia bisa dan membuka lebih banyak pusat rehabilitasi.

"Rumah Sakit Penyu adalah yang pertama. Tapi, sayangnya dan untungnya, ada kebutuhan di seluruh Florida."