Anti Ribet! Begini Cara Mudah dan Sukses Budidaya Ikan Patin

Ilustrasi - Ikan patin. (Antara/KKP)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:30 WIB

Sariagri - Banyak peternak ikan patin yang memimpikan bisnis budidayanya sukses. Terlebih ikan patin saat ini banyak dicari dipasaran. Selain memiliki rasa yang gurih, ikan patin juga salah satu jenis ikan yang bisa diolah menjadi beragam menu masakan.

Patin merupakan jenis ikan berkumis (Siluriformes) yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Namun berbeda dengan lele yang memiliki patil yang menyengat, ikan patin termasuk yang tidak berbahaya.

Sebenarnya jenis ikan patin cukup banyak. Namun jenis patin siam, atau jambal siam merupakan ikan konsumsi yang paling populer dan banyak dicari. Kebutuhan masyarakat terhadap ikan patin sangat besar.

Memilih dan membangun budidaya ikan patin juga memiliki banyak keunggulan. Pasalnya, ikan patin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya nutrisinya yang kabarnya mampu mengontrol kolesterol dan menaikkan trombosit.

Menjalankan ternak patin bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Untuk kamu yang ingin mulai untuk membudidayakannya, maka bisa mencoba langkah berikut ini.

1. Memilih Bibit Yang Tepat

Memilih bibit patin yang tepat termasuk langkah awal yang penting untuk kamu lakukan. Beberapa hal yang kamu perlu perhatijan seperti bentuk tubuh yang proporsional serta ukuran kepala dan tubuh seimbang.

Saat kamu mulai merintis bisnis ternak patin, maka kamu juga perlu memilih benih ikan yang mempunyai pergerakan yang lincah. Yang tak kalah penting, benih ini juga berasal dari indukan yang berkualitas unggul.

2. Mencari Lokasi yang Tepat

Selain itu, memilih lokasi yang tepat adalah langkah kedua dalam menjalankan  budidaya ini. Ketahui dulu bahqa ikan patin adalah ikan yang habitatnya cenderung bebas seperti sungai.

Pilihlah lokasi yang terbuka dan usahakan berada di tanah lempung. Habitat ini dianggap sangat cocok untuk budidaya ikan patin.

3. Menangani Hama dan Penyakit

Dalam budidaya ikan patin perlu memperhatikan hama dan penyakit yang sering kali menghampiri ikan yang satu ini. Untuk mencegah dan menghalangi masuknya hama adalah dengan memasang lampu penerangan di sekitar kolam.

Hal ini dikarenakan hama tidak akan suka jika terdapat sinar lampu. Selain itu, ada pula penyakit perlu diperhatikan dan biasa menyerang ikan ini, yakni penyakit infeksi dan non infeksi.

4. Memelihara Secara Tepat

Demi memelihara ikan patin secara optimal, penting untuk melakukan beberapa hal seperti memastikan dan menjaga suhu yang tepat dalam kolam budidaya ikan patin.

Sobat Agri juga perlu melakukan pemupukan pada kolam terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan pakan alami yang nantinya akan dibutuhkan oleh ikan.

Baca Juga: Anti Ribet! Begini Cara Mudah dan Sukses Budidaya Ikan Patin
Ketahui Kiat Sukses dalam Budidaya Kakap Merah

5. Memberikan pakan yang tepat

Sedangkan untuk pemberian pakan ikan, bisa menggunakan jenis pakan pabrikan ataupun dengan membuatnya sendiri. Pastikan pakan ikan harus bernutrisi. Dalam memberikan pakan juga harus secara bertahap, yakni di waktu pagi dan sore hari.

Masalah pemberian pakan merupakan pekerjaan yang akan menyita banyak biaya. Apalagi harga pakan pabrik termasuk tinggi. Karena itulah kamu juga harus melakukan eksperimen dengan pakan buatan sendiri yang lebih hemat.

Video Terkait