Perubahan Iklim Memicu Jumlah Penyu Betina Lebih Banyak dari Jantan

Ilustrasi penyu. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 5 Agustus 2022 | 04:00 WIB

Sariagri - Hampir setiap penyu yang lahir di pantai Florida, Amerika Serikat (AS) dalam empat tahun terakhir adalah penyu betina. Hal tersebut berdasarkan penelitian dari kelompok ilmuwan.

Mengutip The Guardian, Kamis (4/8/2022), banyaknya kelahiran bayi penyu betina terjadi akibat gelombang panas yang hebat yang dipicu oleh perubahan iklim yang berkembang yang secara signifikan. Suhu panas membuat pasir panas di beberapa pantai.

Menurut National Ocean Service, jika telur penyu menetas di bawah 27 derajat Celsius, akan lahir tukik penyu jantan. Jika telur menetas di atas 31 derajat Celsius, akan lahir tukik betina. Para peneliti juga menemukan bahwa semakin hangat pasir, semakin tinggi rasio penyu betina.

“Ketika Bumi mengalami perubahan iklim, peningkatan suhu mengakibatkan kondisi inkubasi yang bahkan mematikan, akan berdampak pada spesies penyu dan reptil lainnya,” kata National Ocean Service.

Dalam sebuah pernyataan oleh Bette Zirkelbach, manajer Rumah Sakit Penyu di Florida, mengatakan: "Hal yang menakutkan adalah empat musim panas terakhir di Florida menjadi musim panas terpanas dalam catatan."

“Para ilmuwan yang mempelajari tukik dan telur penyu tidak menemukan penyu jantan, jadi hanya penyu betina selama empat tahun terakhir,” tambah Zirkelbech.

Rasio jantan dan betina yang tidak merata merupakan kekhawatiran yang berkembang di antara para ilmuwan. Karena hal tersebut artinya populasi penyu akan semakin sedikit.

Melissa Rosales Rodriguez, penjaga penyu di Rumah Sakit Penyu yang baru dibuka Kebun Binatang Miami, mengatakan bahwa selama bertahun-tahun, penurunan tajam populasi penyu terjadi karena tidak adanya keragaman genetik.

Baca Juga: Perubahan Iklim Memicu Jumlah Penyu Betina Lebih Banyak dari Jantan
Penelitian: Peningkatan Kesadaran Soal Masa Depan Laut Meningkat

"Kami tidak memiliki rasio jantan-betina yang dibutuhkan untuk dapat memiliki sesi pembiakan yang sukses,” ujar Rodriguez. 

Selain menghadapi peningkatan jumlah penyu betina, Rumah Sakit Penyu berupaya mengatasi fibropapilomatosis, penyakit yang berpotensi mematikan di antara penyu yang menyebabkan tumor mirip kembang kol di tubuh termasuk mata dan mulut. Tumor juga bisa terbentuk di organ dalam.

Video Terkait