Jangan Keliru! Ini 4 Kesalahan Saat Mengolah Udang yang Sering Terjadi

Ilustrasi kesalahan mengolah udang. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Kamis, 4 Agustus 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Udang merupakan makanan laut yang disukai banyak orang. Sajian laut ini biasanya dihidangkan dalam menu udang goreng mentega, goreng tepung, atau balado. Namun, ternyata memasak udang memang tidak dapat dikatakan gampang. Melansir The Spruce Eats, ada sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan saat memasak udang.

Kesalahan dalam memasak udang

1. Mencairkan udang beku

Kesalahan pertama yang bisa terjadi dimulai dari cara mencairkan udang beku. Biasanya udang dicairkan dengan menggunakan microwave atau membiarkannya di suhu ruang. Namun ternyata hal ini keliru. Cara terbaiknya adalah dengan mencairkan udang beku di lemari es semalaman, sebelum besoknya akan digunakan.

Cara lainnya adalah dengan menyegelnya erat-erat dalam kantong Ziploc dengan semua udara ditekan keluar. Kemudian alirkan air dingin di atas kantong selama lima hingga 10 menit. Jangan gunakan air hangat karena udang akan menyerap air dan merubah teksturnya menjadi lembek.

2. Tidak membersihkannya

Kesalahan berikutnya yaitu ketika tidak membersihkan udang sebelum digunakan. Sebenarnya bukan masalah besar ketika seseorang tidak membuang saluran pencernaan udang. Namun akan lebih baik untuk membuangnya karena usus udang mengandung pasir dan lumpur.

Caranya adalah dengan menggunakan gunting atau pisau pengupas yang tajam. Gunting atau potonglah punggungan udang di sepanjang bagian atas, lalu ambil kotorannya yang berwarna garis hitam kecil.

Baca Juga: Jangan Keliru! Ini 4 Kesalahan Saat Mengolah Udang yang Sering Terjadi
Tips Mengolah Sisa Kepala dan Kulit Udang Menjadi Kuah Kaldu

3. Memasaknya terlalu matang

Kesalahan ketika mengolah udang adalah memasaknya terlalu matang. Udang memiliki kumpulan sel protein seperti serat, maka itu makanan yang satu ini memang cepat matang jika dibandingkan ayam dan daging. Ketika matang, udang akan berubah warna menjadi merah muda dan meringkuk.

4. Tidak menusuknya

Makanan laut terbilang cepat masak dan akan lebih nikmat ketika dipanggang. Kebanyakan orang lupa untuk menusuk sate udang ketika memanggangnya, sehingga membuat mereka kerepotan untuk membaliknya satu per satu. Tusuk sate pada udang akan memudahkan mereka untuk memasak dan membaliknya sehingga matang di kedua sisi.

Video Terkait