Pernah Dengar Ikan Kaneke? Hewan Laut Ini Ternyata Kaya Manfaat Loh!

Ilustrasi ikan kaneke (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Apakah kamu mendengar nama ikan kaneke? Mungkin bagi beberapa kalangan nama ikan ini masing asing. Namun sebenarnya ikan yang juga dikenal dengan nama ikan sweetlips ini sudah cukup populer bagi pecinta makanan laut.

Namun sayangnya, populasi ikan kaneke memang cukup langka diperairan Indonesia. Konon ikan ini hanya dapat ditemukan di perairan Indonesia bagian timur seperti Makasar dan Papua.

Ikan ini diketahui memiliki tekstur daging yang lembut, sehingga banyak yang menggemarinya. Ciri fisiknya dapat dikenali dari tubuhnya yang berwarna oranye kemerahan disertai totol-totol coklat serta siripnya yang berwarna kuning. Panjang ikan kaneke biasanya bisa mencapai 30 cm.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Kaneke

Sebagai informasi, dalam 100 gram ikan kaneke memiliki 75 kalori dan 0 gram lemak. Tidak hanya itu, ikan itu juga mengandung nutrisi seperti protein, omega 3, serta mineral dengan jumlah yang tergolong banyak untuk ikan laut, yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dari ikan kaneke:

1. Merangsang Otak

Sama seperti ikan lainnya, ikan kaneke juga mengandung asam lemak omega 3 EPA dan DHA) yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel otak.

Selain itu zat ini juga mampu meningkatkan daya ingat sehingga terhindar dari resiko penyakit pikun atau pelupa. Para lansia dan anak sangat disarankan mengonsumsi ikan ini.

Baca Juga: Pernah Dengar Ikan Kaneke? Hewan Laut Ini Ternyata Kaya Manfaat Loh!
Hasil Laut Berlimpah, Kalteng Pacu Pengembangan Produk Olahan

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain omega 3, ikan kanake juga mengandung nutrisi lainnya seperti mineral yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peran omega 3 berpengaruh pada sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan lebih kebal dalam menghadapi virus dan infeksi mikroba.

3. Kaya Akan Protein

Mencicipi rasa ikan kaneke dapat menjadi pengalaman dan kepuasan tersendiri bagi para pelancong. Selain nikmat, ikan ini juga mengandung protein yang dapat memberikan energi untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

Selain itu peran protein dai ikan ini juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan sehingga menjadi lebih lancar.

Video Terkait