Waspada Kolam Ikan Berbusa, Pertanda Kondisi Air Tak Sehat

Ilustrasi kolam ikan berbusa (Foto Istimewa).

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Minggu, 31 Juli 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Memelihara ikan memang menjadi hobi yang menyenangkan. Namun dalam menjalankannya ada hal-hal yang harus kamu perhatikan, seperti misalnya menjaga kondisi air pada kolam ikan.

Mungkin dari Sobat Agri ada yang belum pernah menemukan air kolam dalam keadaan berbusa atau berbuih. Jika melihat kondisi ini, jangan sekali-kali kamu sepelekan.

Pasalnya munculnya busa atau buih pada kolam ikan, ternyata bisa menjadi tanda bahwa kondisi air kolam cenderung tidak sehat.

Jika sudah begini tentunya akan berdampak pada kesehatan ikan yang kamu pelihara, sehingga menjadi rentan terkena penyakit yang mana bisa berujung pada kematian.

Diketahui, busa atau buih pada kolam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

1. Tingginya kadar gas CO2

Salah satu penyebab mengapa air kolam menjadi berbusa yaitu karena meningkatnya kadar gas CO2 dan banyaknya plankton yang mati di dalam kolam. Kondisi ini bahkan juga berdampak pada warna kolam yang menjadi keruh dan pekat.

2. Tingginya kadar organik

Selain kadar gas CO2, penyebab lain yang membuat kolma berbusa yaitu dikarenakan tingginya kadar organik yang terlarut dalam air. Bahan organik ini bisa berasal dari sisa makanan ikan yang tidak termakan dan juga sisa kotoran ikan yang tidak terurai.

3. Fenomena ledakan alga

Penyebab lain yang membuat kolam keruh yaitu terjadinya fenomena ledakan alga atau biasa disebut algae blooming. Kondisi ini terjadi disebabkan proses pemupukan yang berlebihan atau over dosis penggunaan katalis plankton.

Baca Juga: Waspada Kolam Ikan Berbusa, Pertanda Kondisi Air Tak Sehat
6 Inspirasi Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit, Yuk Intip!

Dengan begitu maka populasi alga menjadi tidak terkontrol. Jika sudah begini, tidak hanya berbusa ledakan alga ini juga bisa menyebabkan warna air kolam menjadi lebih keruh dan pekat.

4. Proses penggaraman

Faktor lainnya yaitu karena proses penggaraman. Bagi para budidaya, proses ini sangat umum dilakukan guna menstabilkan pH air setelah kolam terguyur air hujan. Ini menjadi terapi pengobatan maupun mencegah penyakit ikan.

Namun proses ini ternyata juga bisa berpengaruh sehingga membuat kolam ikan kamu menjadi berbusa.

Video Terkait