Jenis Bunga Aglonema Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran Rupiah!

Ilustrasi bunga golden hope (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 29 Juli 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Sudah bukan rahasia lagi jika bunga aglonema termahal merupakan tanaman hias yang paling fenomenal. Bahkan ada pecinta aglonema, yang rela menghabiskan dananya hingga puluhan juta rupiah demi mendapatkan tanaman cantik yang satu ini.

Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya aglonema memiliki keindahan fisik yang memikat hati siapapun yang melihatnya. Selain itu, ia juga dikenal sebagai tanaman hias yang mudah dirawat karena mampu beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ciri-ciri bunga aglonema termahal

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah ciri-ciri atau spesifikasi bunga aglonema yang perlu Sobat Agri ketahui.

1. Memiliki daun dengan warna khas

Ciri-ciri yang paling bisa dikenali yaitu memiliki daun dengan warna yang sangat khas. Secara umum, jika di habitat aslinya aglaonema memilki daun dengan corak warna putih, sedangkan aglonema yang banyak dibudidayakan memiliki corak warna kemerah-merahan.

2. Memiliki batang berukuran 3-5 cm

Selanjutnya, ciri aglonema bisa dilihat dari ukuran batangnya. Umumnya aglonema ini memiliki ukuran 3-5 cm, namun ukuran ini bisa berbeda-beda sesuai dengan sifat dasar tanaman.

3. Memiliki bunga seperti daun talas

Kamu bisa membedakan tanaman aglaonema dengan melihat bentuk bunganya. Jika dilihat bunga aglonema ini memilki bentuk menyerupai dengan daun talas.

4. Memiliki buah seperti kopi

Tak banyak yang menyadari, bahwa aglonema ternyata memiliki buah yang tidak begitu terlihat. Bagian buah tanaman aglaonema ini memiliki bentuk menyerupai buah kopi.

Jenis bunga aglonema termahal dan harganya

Kemunculan tanaman hias ini memunculkan jenis serta harga yang beragam. Ada yang dimulai dari harga paling murah yaitu belasa ribu rupiah sampai yang termahal menembus miliaran rupiah.

Kira-kira apa saja bunga aglonema termahal, berikut ulasannya.

1. Aglonema Suksom Culture

Aglonema jenis suksom culture memiliki corak yang didominasi oleh warna merah serta di bagian pinggir daunnya berwarna hijau tua. Harga aglonema ini dijual sekitar 3,5-4 juta rupiah.

2. Aglonema Hughes

Warna hijau dan merah muda pada bagian dalam daunnya merupakan ciri khas dari aglonema hughes. Aglonema ini juga memiliki corak yang sangat indah berupa garis berwarna putih. Harganya di pasaran berkisar 6-7 juta rupiah.

3. Aglonema Red Sumatra

Tanaman yang nama lainnya pride of Sumatera ini populer berkat kemenangannya dalam penghargaan pada festival tanaman hias internasional yang diadakan di Belanda.

Cirinya dapat dikenali dari perpaduan warna merah serta warna hijau tua. Pasca festival itu untuk mendapatkan tanaman yang memiliki corak yang sangat indah ini dimulai dengan harga sekitar 5 juta hingga 6 juta rupiah untuk satu pohonnya.

4. Aglonema Khanza

Aglonema khanza memiliki warna hijau tua pada saat masih muda. Namun seiring bertambahnya umur, warna daunnya berubah menjadi hijau kekuningan. Pada tahun 2020, aglaonema khanza yang sudah dewasa dijual dengan harga 5-7 juta rupiah. Sedangkan bibitannya seharga 300ribuan

5. Aglonema Lotus Delight

Lotus delight memiliki ciri khas daun berwarna hijau muda dengan pinggiran merah muda. Selain itu aglonema ini daunnya cenderung menonjol. Jika tertarik, Sobat Agri bisa mendapatkannya dengan harga berkisar 4,5 juta hingga 7 juta rupiah.

6. Aglonema Siam Jade Round Form

Hal unik tumbuhan yang satu ini, adalah memiliki dua sampai tiga warna daun yang berbeda-beda. Namun daunnya tetap memiliki warna dasar hijau yang dipenuhi dengan bintik putih. Harganya berkisar 7,5 jutaan untuk ukuran besar atau yang sudah dewasa.

Baca Juga: Jenis Bunga Aglonema Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran Rupiah!
Jenis Media Tanam Aglonema agar Tumbuh Subur Lengkap dengan Cara Membuatnya

7. Aglonema Moonlight

Aglonema jenis yang satu ini menjadi varietas aglonema terbaik yang dimiliki Indonesia. Jenis ini juga merupakan aglonema yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Para pecinta tanaman hias ini bahkan rela mengeluarkan uang sebesar 25 jutaan hanya untuk aglonema moonlight.

8. Aglonema Golden Hope

Ciri khas dari aglonema golden hope yaitu memiliki daun yang lebar dengan warna bervariasi seperti kuning, merah dan hijau. Tidak tanggung-tanggung, harga aglonema ini bahkan bisa mencapai 2,5 miliar. Tentu saja jenis ini menjadi bunga aglonema termahal di dunia.

Video Terkait