7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Cantik dan Unik yang Paling Direkomendasikan

Ilustrasi ikan discus (Foto Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 27 Juli 2022 | 12:40 WIB

Sariagri - Memelihara berbagai jenis ikan hias merupakan salah satu hobi yang telah berubah menjadi gaya hidup masa kini. Selain bisa menyalurkan hobi, dengan hadirnya ikan hias ini juga bisa dijadikan sebagai dekorasi untuk mempercantik dekorasi rumah bahkan mampu menghilangkan rasa penat akibat rutinitas.

Sebenarnya ada dua pilihan jika ingin memelihara ikan hias. Sobat Agri bisa menggunakan kolam ikan atau akuarium. Penentuan tempat ini biasanya berdasarkan dari jenis dan ukuran dari ikan hias itu sendiri. Namun karena ingin mengedepankan nilai estetik kebanyakan masyarakat memelihara ikan hias ini di dalam akuarium.

Jenis Ikan Hias Aquarium

Ada banyak jenis jenis ikan hias air tawar yang ada di pasaran, pasti membuat Sobat Agri kebingungan untuk menentukan pilihan. Harganya pun sangat beragam, mulai dari yang ribuan hingga jutaan rupiah.

Dibawah ini akan dibahas mengenai jenis dari ikan hias air tawar yang cocok dan mudah untuk dipelihara di dalam aquarium

1. Ikan Koi

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling populer dan banyak dipelihara oleh pecinta ikan hias. Ikan ini mulai berkembang di Jepang sejak 1920-an dan masih eksis hingga saat ini.

Kini ia menjadi jenis ikan air tawar yang sangat populer dan banyak dipelihara di rumah-rumah. Ikan ini dikenal cukup mudah dipelihara namun juga mudah mati. Ikan koi bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dengan ciri khas warna-warnanya yang cantik.

2. Ikan Cupang

Jenis ikan hias aquarium selanjutnya adalah ikan cupang. Ukurannya termasuk kecil sehingga pas dijadikan sebagai ikan hias aquarium. Di Indonesia, peminat ikan cupang sangat banyak, sebab ukurannya kecil sehingga sangat pas diletakkan di dalam akuarium.

Selain itu ikan yang satu ini juga sering diperlombakan untuk menampilkan keindahan corak dan warna tubuhnya. Penilaian lomba ini dilihat dari kesehatan, kelincahan dan tubuhnya yang sangat indah. Jika sirip yang mengembang semakin panjang, maka penilaian ikan ini juga akan semakin tinggi.

3. Ikan Guppy

Jenis ikan hias aquarium cantik lainnya adalah ikan guppy atau nama lainnya ikan seribu. Ikan ini berasal dari Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun kini penyebarannya sudah sangat meluas bahkan hampir di seluruh dunia.

Salah satu yang menjadi faktornya karena ikan cantik ini terbilang mudah dipelihara karena ia bisa hidup tanpa oksigen dan tidak membutuhkan alat-alat khusus untuk merawatnya. Sobat Agri hanya harus memastikan kebersihan akuarium dan memberinya makan secara teratur.

4. Ikan Discus

Ikan discus dikenal sebagai the king of aquarium. Meski harganya pun cukup mahal dibandingkan dengan jenis lain, ikan ini menjadi ikan hias yang paling banyak diminati.

Pasalnya ia juga dikenal sebagai ikan yang tidak mudah mati. Ikan discus dapat dicirikan dengan bentuk badan yang lebar dengan warna yang sangat atraktif.

Cara merawatnya juga tidaklah sulit, kamu hanya perlu menjaga suhu akuarium di sekitar 28 sampai 31 derajat Celsius, supaya tetap hangat dan memiliki kadar oksigen yang stabil.

5. Ikan Louhan

Dahulu sekitar tahun 2001 sampai 2002, ikan louhan sempat menjadi jenis ikan hias air tawar yang sangat populer. Namun seiring berjalannya waktu, tren ikan hias ini semakin berkurang. Hanya beberapa penghobi yang setia sajalah yang masih memelihara ikan hias ini.

Ciri khas ikan ini terletak pada benjolan yang berada di bagian kepala ikan. Namun jika ingin memeliharanya, disarankan untuk tidak bisa dicampurkan dengan ikan lainnya karena bisa bertengkar.

6. Ikan Angelfish

Ikan hias yang tidak kalah populer adalah ikan angelfish. Ikan ini termasuk salah satu anggota dari keluarga ikan cichlid, seperti ikan discus, parrot, dan oscar. Ikan ini memiliki tubuh kecil dengan ukuran mencapai 8 inci. Ikan ini memiliki warna dan pola yang sangat menarik, sehingga membuatnya cocok menghiasi akuarium.

Baca Juga: 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Cantik dan Unik yang Paling Direkomendasikan
6 Jenis Ikan Hias Aquarium Tercantik dan Paling Mempesona

7. Ikan Platy

Ikan ini berasal dari Amerika Selatan, yang memiliki banyak varietas-varietas seperti sunset, simpson, platy cagak, red coral, black tail, hawaii dan yang lainnya. Namun yang banyak dijual di pasaran adalah ikan platy cagak.

Tubuhnya mungil dan memiliki sifat cinta damai. Selain itu ia juga cukup mudah beradaptasi dan kebal dari serangan penyakit.