IPB University Siap Dampingi Pembudidaya Kepiting di Pangandaran

Ilustrasi - Kepiting. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Senin, 25 Juli 2022 | 20:10 WIB

Sariagri - Tim IPB University menggelar pertemuan dengan para pembudidaya kepiting di Pangandaran, Jawa Barat. Dalam pertemuan tersebut tim dosen IPB menyanggupi pendampingan dalam pengembangan kepiting di wilayah itu.

“Kami akan mengimplementasikan secara langsung hasil-hasil penelitian dosen IPB University dalam rangka pengembangan akuakultur di Pangandaran,” ujar Dr Ronny Irawan Wahju, Dosen Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, dikutip dari laman resmi IPB University, Senin (25/7/2022).
 
Terkait penangkapan kepiting, ia mengatakan bahwa penangkapan kepiting di alam harus dilakukan secara terbatas dengan memperhitungkan kelestarian alam.
 
Sementara itu, menurut Dr Tatag Budiardi, Dosen Pembimbing Lapangan KKN-T, masalah yang dihadapi pembudidaya kepiting adalah masih banyaknya kematian saat pembenihan dan selama pembesaran. Setiap kegiatan budidaya ikan, kunci utama keberhasilannya adalah ketersediaan benih.
 
“Di seluruh kegiatan akuakultur, yang penting adalah ketersediaan benih, yang dalam jangka panjang harus dihasilkan dari kegiatan pembenihan. Dalam proses pembenihan diperlukan pakan alami yang tepat, baik jenis, ukuran, maupun jumlahnya,” ujarnya.
 
Sementara itu, menurut Dr Agus Oman Sudrajat, Dosen Departemen Budidaya Perairan FPIK IPB University, kegiatan pembudidayaan kepiting di Kelompok Kampung Kepiting Rancage lebih fokus dalam pembenihan. Upaya pembenihan kepiting sudah dilakukan mulai dari pematangan gonad, pemijahan dan pemeliharaan larva serta penyediaan pakan alami. Inisiasi kegiatan tersebut sudah berjalan.
 
“Kegiatan budidaya di Kampung Kepiting sudah sesuai dengan tahapan prosedur, namun perlu perbaikan dalam hal kualitas pematangan gonad induk, manajemen pakan saat pemeliharaan larva-benih, dan kualitas air. Selain itu, penentuan lokasi, layout dan desain pembenihan juga perlu diperbaiki untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembenihan kepiting,” imbuhnya.

Video Terkait