Jenis-jenis Ikan Cupang Koi, yang Warnanya Indah Memukau

Ilustrasi ikan cupang koi (Foto Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 25 Juli 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Ikan cupang koi merupakan jenis ikan cupang yang memiliki harga paling mahal. Ikan ini tidak bisa ditemukan di alam bebas, sebab merupakan ikan dari hasil persilangan. Ciri khasnya terletak pada corak atau motif unik berupa bercak-bercak. Selain itu warna-warnanya sangat menarik dan persis seperti ikan koi yaitu merah, hitam, orange, dan kuning.

Meskipun hasil persilangan, ikan ini memiliki begitu banyak peminatnya. Bahkan kini bentuk sirip, ekor dan warnanya sangat bervariasi sesuai indukan kawin silangnya. Selain meiliki warna dasar koi, semakin kesini hadir juga warna lain seperti hitam dan biru, serta warna gradasi.

Spesifikasi Ikan Cupang Koi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cupang ini tidak ditemukan di alam liar. Habitat awalnya adalah berasal dari Indinesia, dan banyak ditemukan di breeder Indonesia dimana yang pertama kali mengkawinsilangkan memang breeder dari tanah air.

Semula ikan ini berasal dari hasil kawin silang cupang plakat yang berasal dari Thailand dan cupang halfmoon. Persilangan ini menghasilkan anakan dengan nama cupang HMPK.

Cupang HMPK dikawinsilangkan lagi dengan cupang plakat fancy yang punya warna lebih beragam.

Jadilah anakannya disebut cupang plakat koi karena memiliki warna dasar hitam, merah, kuning, dan orange sebagaimana ikan koi aslinya.

Karena merupakan jenis khusus dari pembiakan selektif yang memiliki gen lompat, maka ikan ini memiliki DNA warna yang aktif bergerak, sehingga bisa berubah warnanya saat dewasa dan pigmennya lebih kuat. Sebab itulah kalian akan melihat keunikan warnanya yang nampak dalam dan terang.

Ciri-ciri Cupang Koi

Sebagian besar para pecinta ikan hias, telah memahami ciri-ciri cupang koi. Namun berikut informasi mengenai ciri-ciri cupang koi secara umum. Biasanya ikan ini dapat dikenali melalui beberapa hal:

1. Warna

Cupang koi memiliki corak warna yang khusus, karena ia dikembangkan dengan sangat hati-hati sehingga terjaga ciri khas atau karakteristiknya. Adapun warna dasar ikan cupang ini yaitu berasal dari 3 warna dasar merah, hitam, kuning, dan orange.

2. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh cupang koi sama seperti ikan cupang pada umumnya, dengan ukuran tubuh yang kecil, yaitu hanya berkisar 3 inc atau 7,6 cm saja. Tubuhnya berbentuk lonjong, dengan siripnya yang cenderung lebih panjang dan lebar. Hal ini disebabkan gen cupang halfmoon yang memiliki ekor lebar.

Cupang ini memiliki sirip dan ekor beragam sesuai dengan indukannya. Namun yang menjadi ciri khasnya yaitu terletak pada corak dan pola warna di kulitnya.

3. Mata

Meski memiliki beragam jenis warna, mata cupang koi tetap sama yaitu berwarna hitam dan bentuknya bulat sempurna. Sehingga jika ada matanya yang memiliki warna lain, maka bisa dipastikan itu bukanlah jenis ikan cupang koi.

Jenis Ikan Cupang Koi

Dilihat dari ragam warnanya, cupang koi terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cupang koi tiger

Sesuai dengan namanya, pola dan warna cupang yang satu ini sangat khas dan membentuk susunan layaknya bercak garis yang rapi seperti harimau.

Warna tubuhnya terdiri dari hitam, putih, merah, terkadang ada warna kuning atau orange.

2. Cupang koi galaxy

Ikan cupang koi galaxy identik dengan sisik yang mengkilat seperti halnya mutiara dengan corak warna tetap membentuk bercak sebagaimana corak ikan koi. Warnanya terdiri dari warna biru dengan perpaduan yang beragam, seperti warna hitam, merah, dan kuning.

3. Cupang koi emerald

Cupang ini disebut-sebut sebagai cupang koi asli, yang memiliki warna dan corak dasar asli seperti ikan koi. Melihat cupang koi emerald seolah melihat ikan koi asli dengan bentuk tubuh yang berbeda.

Warnanya terdiri dari hitam murni merah, putih, atau perpaduannya seperti kuning dan orange.

4. Cupang koi nemo

Jenis cupang koi yang satu ini dikenal memiliki beragam warna. Dinamakan cupang koi nemu sebab jenis warnanya seperti ikan nemo dengan motif ikan koi.

Tidak hanya warna dasarnya yang hitam, tetapi ada juga merah, putih, ada warna lain seperti biru yang ada di sirip atau ekornya.

5. Cupang koi fancy

Cupang koi yang satu ini kerap dianggap sebagai cupang koi tercantik. Hal ini dikarenakan warnanya sangat beragam dengan gradasi terbaik diantara jenis cupang koi lainnya.

Baca Juga: Jenis-jenis Ikan Cupang Koi, yang Warnanya Indah Memukau
Mengenal Ikan Cupang Nemo, dari Ciri-ciri hingga Perawatannya

Tubuhnya memiliki corak dan gambar seperti ikan koi namun dengan warna lebih banyak dan terlihat lembut.

6. Cupang koi multicolor

Jenis cupang koi selanjutnya ada cupang koi multicolor. Berdasarkan namanya, cupang ini memang memiliki banyak warna bahkan terdiri dari 7 jenis, cupang yellow yang punya warna dominan kuning, dan lainnya.

Harga Ikan Cupang Koi

Umumnya ikan ini memiliki harga yang masih relatif murah. Kamu bisa menemukan cupang koi dengan harga dimulai dari Rp30.000. Namun harga ini bisa sangat bervariasi tergantung jenis, ukuran dan corak yang ada pada cupang koi itu sendiri. Sementara ikan cupang koi termahal dibanderol sebesar Rp200.000.