Periode April-Juli KKP Ekspor 2,02 Juta Ton Produk Perikanan

Ilustrasi penangkapan ikan laut (Pxhere)

Editor: M Kautsar - Selasa, 19 Juli 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat nilai ekspor komoditas perikanan Indonesia mencapai 2,02 juta ton, yang diperoleh dari 167 frekuensi pengiriman periode April-Juli atau selama Bulan Mutu Karantina (BMK) 2022.

"Alhamdulillah, berkat BMK pelayanan publik, banyak produk kelautan dan perikanan yang kita ekspor," kata Plt Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Hari Maryadi saat menutup BMK 2022 di Puspa Agro, Sidoarjo, Senin (18/7/2022).

Dalam BMK, salah satu kegiatan yang dilakukan BKIPM yaitu melakukan aksi peduli sosial. di mana dalam kegiatan tersebut 120.000 kilogram ikan sehat bermutu yang dikemas dalam 40.000 paket ikan sehat bermutu dibagikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Hari memaparkan, ikan sehat bermutu tersebut didistribusikan ke berbagai masyarakat yang termasuk kelompok rentan. Sasaran penerima bantuan meliputi pondok pesantren, yatim piatu, panti jompo serta masyarakat kelautan dan perikanan.

Baca Juga: Periode April-Juli KKP Ekspor 2,02 Juta Ton Produk Perikanan
Takalar Jadi Kampung Perikanan Budidaya Rumput Laut

Dikatakannya, perhelatan BMK 2022 memang telah selesai. Kendati demikian, dia meminta semua jajaran BKIPM untuk tetap mengimplementasikan nilai-nilai BMK selama melakukan pengabdian bagi bangsa dan negara.

"BMK secara kegiatan selesai, tapi spiritnya tak boleh kita lupakan dan harus terus kita laksanakan," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak seluruh jajarannya untuk terus berinovasi dalam pelayanan publik. Inovasi ini penting guna mengimplementasikan semangat akselerasi program prioritas KKP.

"KKP berkomitmen penuh memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Menteri Trenggono.

Video Terkait