Terkenal Mahal, Ini 6 Jenis Ikan Kerapu

Ilustrasi jenis ikan kerapu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 11 Juli 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Ikan kerapu dikenal karena rasanya yang lezat dan bernilai gizi tinggi. Tak heran jika ikan yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal.

Jika dibandingkan kakap merah, ikan kerapu memiliki harga yang lebih mahal. Ikan yang memiliki banyak penggemar ini ternyata memiliki beberapa jenis.

Melansir Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng Kabupaten, ada beberapa jenis ikan kerapu yang perlu diketahui:

1. Kerapu tikus

Jenis ikan kerapu tikus atau bebek banyak terdapat di perairan Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatra, Ambon dan Pulau Buru. Cirinya adalah permukaan tubuh yang berwarna putih keabuan dan sebagian kepalanya lancip menyerupai bebek atau tikus.

2. Kerapu kertang

Jenis ikan kerapu kerpang sering disebut giant grouper karena ukurannya mencapai 1,5 meter dengan berat lebih dari 100 kilogram. Sejumlah pemancing juga menyebutnya kerapu hitam.

Ciri khas kerapu hitam adalah memiliki warna kuning berbintik hitam di siripnya. Selain itu juga badannya hitam dengan bercak-bercak putih atau kuning dari kepala hingga pangkal ekor. Biasanya, ikan ini hidup di perairan dengan terumbu karang yang masih bagus.

3. Kerapu macan

Jenis ikan kerapu macan memiliki bentuk badan yang pipih memanjang dan agak bulat. Ikan ini ditutupi oleh sisik yang mengilap dan bercak loreng menyerupai bulu macan. Jumlah ikan ini diperkirakan ada 46 spesies yang hidup di berbagai tipe habitat, salah satunya jenis epinephelus.

4. Kerapu batik

Ciri khas kerapu batik memiliki warna kecokelatan pucat atau abu-abu pucat pada kepala, badan dan sirip. Warnanya yang unik ternyata memiliki nilai ekonomi tinggi. Waktu pemeliharaan yang dibutuhkan untukikan ini hingga panen adalah delapan bulan. Populasinya banyak di daerah perairan atol.

5. Kerapu cantang

Kerapu cantang memiliki warna kulit cokelat kehitaman dengan lima garis hitam melintang di bagian tubuhnya. Bagian mulut kerapu dilengkapi dengan gigi-gigi yang berderet dua baris. Ujungnya lancip dan kuat.

Baca Juga: Terkenal Mahal, Ini 6 Jenis Ikan Kerapu
5 Manfaat Mengonsumsi Ikan Kerapu Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Pertumbuhan ikan kerapu ini dua kali lipat dari yang lainnya. Ikan ini juga tahan penyakit dan memiliki harga yang tinggi. Biasanya, kerapu yang masih hidup dibanderol harga Rp30.500 per 100 gram.

6. Kerapu sunuk

Berbeda dari yang lainnya, kerapu sunuk memiliki warna merah dengan bintik-bintik biru gelap di bagian pinggirnya. Dia hidup di terumbu karang dan lautan terbuka. Kerapu sunuk kembar dengan kerapu lodi (Plectropomus maculatus) yang memiliki totol biru lebih sedikit.

Video Terkait