Capai Usia 40 Tahun, Penguin Tertua di Dunia Ini Mati

Penguin tertua mati di usia 40 tahun. (Sumber photo :www.hurriyetdailynews.com)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 8 Juli 2022 | 18:35 WIB

Sariagri - Penguin Magellan tertua di San Francisco Zoo & Gardens, salah satu penguin tertua yang masih hidup di dunia, dilaporkan mati pada usia 40 tahun.

Dalam pernyataannya, pihak kebun binatang mengatakan, penguin jantan yang disebut Kapten Eo itu mati dalam usia yang jauh di atas harapan hidup rata-rata spesies penguin yakni 20 hingga 30 tahun.

Kapten Eo dinamai untuk film pendek Michael Jackson tahun 1980-an yang menjadi daya tarik Disneyland dan dia adalah anggota tertua terakhir dari koloni penguin Magellan kebun binatang yang tersisa.

Melansir Hurriyet Daily, hewan yang menua itu telah kehilangan banyak penglihatan dan pendengarannya dan membutuhkan teknik pemberian makan khusus. Penguin Magellan berasal dari Amerika Selatan. Mereka bisa tumbuh lebih dari 60 sentimeter dan beratnya mencapai 6,4 kilogram.

Menurut pihak kebun binatang, Kapten Eo tiba di kebun binatang pada tahun 1984 ketika 52 penguin Magellan liar dibawa untuk menemukan koloni di Pulau Penguin, habitat yang mencakup kolam renang luar ruangan besar bersama dengan liang dan lanskap berbatu untuk meniru habitat asli mereka.


Quinn Brown, asisten kurator burung di kebun binatang, dalam pernyataan itu menyebut Kapten Eo memiliki kepribadian "seorang pria yang lebih tua dan canggih,"

Baca Juga: Capai Usia 40 Tahun, Penguin Tertua di Dunia Ini Mati
KKP Bersama FAO Kembangkan Smart Fisheries Village di Sumatera Selatan



"Dia tidak pernah mencuri ikan dari orang lain, atau menerobos kerumunan untuk mencari ikan. Sebaliknya, dia akan dengan tenang dan sopan duduk di pantai berbatu dan menunggu gilirannya untuk makan, lalu pergi berenang atau pulang,” kata Brown. “Dia adalah satu-satunya," tambahnya.

Kapten Eo memiliki 26 anak, 31 cucu, dan delapan cicit, kata pihak kebun binatang. "Meskipun kita tidak akan pernah mendapat kehormatan untuk merangkul dan terhubung dengan Kapten dengan cara ini lagi, dia akan selalu memiliki tempat yang monumental di hati kita," kata Brown. Dia mewakili bagian dari sejarah Kebun Binatang San Francisco dan dunia penguin yang tidak akan pernah bisa dilupakan.” ungkap Brown.

Video Terkait